Sabtu, 03 Mei 2014

Nursing Disaster with PMI SUMBAR

Diposting oleh Unknown
Bulan Mei diawali dengan kegiatan yang luar biasa. Judulnya sih Pratikum Keperawatan Gawat Darurat , atau yang lebih akrab dengan kita yakni keperawatan yang dilaksanakan saat terjadinya situasi darurat dalam hal ini kita menyebutnya Bencana. Sabtu Minggu ini, dengan bekerjasama dengan PMI SUMBAR, kami mengadakan pratikum tentang simulasi saat terjadinya bencana.

Rangkaian pratikum keperawatan bencana bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia bagian Sumatera Barat dilaksanakan selama 2 hari yakni pada hari sabtu dan Minggu tanggal 26-27 april 2014. Pada hari pertama , acara yang seharusnya dimulai pada pukul 09.00 WIB molor selama 1 jam hingga akhirnya dimulai pada pukul 10.00 WIB. Acara yang dilaksanakan di aula lantai 4 ini dibuka dengan pengenalan masing relawan dari Palang Merah Indonesia Bagian Sumatera Barat . Para realawan inilah yang akan memberikan ilmu dan pratikumnya kepada mahasiswa FKEP UNAND mengenai penanganan bencana dan simulasinya. Setelah pengenalan, mahasiwa pun diajak untuk bermain games, untuk melatih kekompakan , kerjasama dan kejujuran hingga pukul 12.00 WIB. Setelah istirahat, acara dilanjutkan dilantai 1 gedung Fak Kep Unand, dengan pemberian materi seputar pertolongan pertama pada korban bencana. Diajarkan mengenai berbagai penolongan pertama untuk korban dengan trauma dan nontrauma, pembidaian dan penghentian pendarahan untuk korban cedera. Materi yang disampaikan yakni tentang berbagai cara mengangkat korban dengan menggunakan tandu, bagaimana mengangkat korban secara kelompok maupun secara sendiri. 

Bapak-bapak PMI sedang memberikan materi
Pembidaian

Pada hari kedua, acara dimulai kembali pada pukul 08.00 WIB. Pada sesi pagi ini, materi yang diberikan yakni mengenai komunikasi menggunakan radio yang digunakan pada saat terjadi bencana. Radio menggunakan frekuensi tersendiri yang digunakan untuk berkomunikasi antara relawan-relawan dalam tugas nya dilokasi bencana. Disini, kami dibagi secara berkelompok dan  mensilmulasikan penggunaan radio. Pada komunikasi menggunakan radio ini, ada bahasa isyarat yang digunakan yakni ; (yang merah ,aku lupa :p)

A
Alfa
N
November
B
Beta
O

C
Charlie
P
Papa
D
Delta                                                  
Q
Quebec
E
Echo
R
Romeo
F
Foxtrot
S
Sierra
G
Golf
T
Tango
H
Hotel
U
Uniform
I
India
V
Victor
J
J
W
Winkey
K
K
X
X-ray
L
Lala
Y
Yankee
M
Mike
Z


Setelah pemberian materi komunikasi by radio, pembekalan dilanjutkan dilapangan atas fakultas keperawatan Unand. Disini kami, mendapatkan latihan mmendirikan tenda ,posko pengungsian , rumah sakit lapangan dan antenna . 



Setelah istirahat siang, Simulasi Bencana dimulai. Mahasiswa yang terdiri dari dari 6 kelompok dibagi menjadi 2 bagian. Kelompok 1, 2, 3 menjadi tim penolong pertama sedangkan kelompok 4,5, dan 6 menjadi korban bencana. Tim penolong  dibagi menjadi beberapa bagian yakni, tim pertolongan pertama, tim evakuasi, tim ambulance, tim posko/ komunikasi, dan tim rumah sakit lapangan. Setiap tim, dipimpin oleh masing-masing koordnator lapangan. Simulasi dilakukan dengan scenario bencana yakni “ Pada tanggal 27 April 2014 pukul 14.30, kota padang diguncang gempa 7,8 sr.  Gempa ini tidak berpotensi tsunami, namun mengakibatkan banyaknya reruntuhan dan menelan banyak korban jiwa. Tim Relawan Fkep Unand pun dikirim kelokasi Bencana untuk membantu mengevakuasi korban bencana”.

 Evakuasi pun dilaksana dengan penilaian terlebih dahulu terhadap lokasi bencana. Setelah lokasi dinyatakan aman, coordinator lapangan memanggila korban yang bisa berjalan dan menyelamatkan dirinya menuju lokasi triase hijau. Lalu tim triase masuk dan memberi label tiase merah , kuning dan hitam kepada korban bencana. Tim evakuasi kemudian masuk dan memberi pertolongan vital bagi pasien dengan triase merah. Selanjutnya korban dengan tiase merah dan kuning diangkut menuju tempat pemberian pertolongan pertama. Pada lokasi pertolongan pertama, tim membidai pasien dengan luka, pendarahan, dan trauma. Lalu satu –persatu korban diangkut melalui ambulance ke rumah sakit lapangan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.Simulasi berlangsung ditengah hujan deras hingga berakhir pada pukul  17.30 WIB

Pengalaman RJP dan Pertolongan Pertama


0 komentar:

Posting Komentar

 

Saruwatari Tsubaki Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting