Kamis, 13 Februari 2014

Hidup itu seperti Game

Diposting oleh Unknown
 

Sejenak jika kita  mengingat kembali ke masa yang sudah Kita lewati. Mengingat masa-masa Kita berjuang melalui berbagai hari hingga hari ini, Kita akan melihat momen di mana Kita jatuh, kalah, menang, menangis, tertawa, dan sebagainya. Memkitang hidup ibarat sebuah game bukan berarti bagaimana Kita harus menang. Yang terpenting adalah bagaimana Kita bisa melewatinya. Jika Kita sudah terbiasa bermain game, mungkin Kita sudah sangat paham tentang setiap kesulitan yang Kita hadapi dalam setiap level. Yup, semakin tinggi levelnya berarti semakin sulit hal yang harus Kita taklukkan. Lalu bagaimana menerapkan permainan dalam game ke dalam kehidupan nyata? Berikut dilansir dari huffingtonpost.com strategi yang bisa Kita gunakan untuk memainkan game dalam hidup Kita:


Setiap orang memiliki level untuk setiap hal yang dikerjakan dalam hidupnya. Jika Kita memiliki level rendah pada bagian tertentu, tubuh Kita tidak akan mengikuti perintah Kita sampai kebutuhan Kita terpenuhi. Yang sangat penting disebut 'willpower'. Willpower akan memimpin Kita untuk menyelesaikan semua tugas dalam waktu satu hari.
Jagalah willpower Kita selalu tinggi, jangan menghabiskan willpower berlebihan dalam satu hari karena mungkin Kita masih membutuhkannya esok hari. Kemudian lakukan tugas yang paling penting terlebih dahulu.

 
Kita perlu mengembangkan kemampuan Kita dengan segala sesuatu yang Kita memiliki. Ahli dalam satu bidang tertentu lebih baik daripada Kita harus menguasai banyak hal. Dengan sangat menguasai satu bidang tertentu, akan membuka kesempatan lain untuk karir atau bisnis Kita. Yang perlu Kita perhatikan bukan berarti Kita hanya mempunyai satu skill untuk dikuasai. Melainkan Kita perlu mengombinasikan dengan skill yang lain. Untuk menjadi pengusaha Kita membutuhkan skill utama tentang bisnis kemudian padukan dengan kepercayaan diri dan sikap yang baik.

 
Lingkungan Kita mempunyai dampak langsung terhadap diri Kita. Lingkungan yang baik bisa memacu Kita meningkatkan skill dan taraf kehidupan Kita. Misal Kita tinggal di sebuah daerah yang penduduknya sangat kolot dan sulit untuk diajak melakukan perubahan. Sebaiknya Kita segera bersiap-siap untuk pindah ke tempat yang penduduknya senantiasa berkembang.


Berjuang untuk hidup diri Kita sendiri memang baik, tetapi sampai kapan Kita bisa menanggung rasa lelah yang mengintai Kita setiap hari. Serangan dari tuntutan kehidupan semakin tinggi seiring Kita semakin dewasa. Kita membutuhkan seorang partner yang bisa membantu Kita untuk menang. Membantu Kita meningkatkan pertahanan.


Dalam sebuah game biasanya sering disebut resource dan dalam kehidupan nyata Kita bisa menyebutnya dengan uang. Kita akan mendapatkan peningkatan dari segi keuangan ketika Kita berhasil menaklukkan tantangan pekerjaan. Ini akan memberikan tantangan yang baru untuk hidup Kita. Disarankan, jangan pernah meminjam uang kecuali akan membuat Kita mendapatkan hasil dua kali lipatnya. Meminjam uang untuk membeli sepatu baru, itu tidak perlu dilakukan.


Ketika Kita tiba di masa ini, Kita sudah memiliki banyak skill, resource, pengalaman, dan berbagai hal yang Kita cari, misal rumah, bisnis, dan sebagainya. Ini ibaratnya dalam sebuah game Kita telah memenangkan sebuah kastil. Jika Kita bisa mempertahankannya dengan baik Kita bisa melindungi kastil Kita agar tidak jatuh ke tangan orang lain. Hal ini seperti ketika Kita memanfaatkan kemampuan dan kekayaan Kita dengan benar. Semua usaha Kita tersebut akan membuat Kita bertahan lama di posisi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Saruwatari Tsubaki Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting