Sabtu, 07 Mei 2016

"Belajar bahasa asing langsung dari Smartphone kamu"

Diposting oleh Unknown

Menguasai bahasa asing kini sudah menjadi keharusan dan bahkan selalu menjadi poin plus jika kita ingin bersaing di dunia kerja dan pendidikan. Dengan menguasai berbagai macam bahasa kita lebih mudah berkomunikasi, dapat memperluas jaringan pertemanan dan memudahkan kita berinteraksi dengan orang asing terutama apabila suatu saat kita melancong atau mungkin terdampar di belahan negara lain.

Seperti quotes dibawah ini :
❝One language sets you in a corridor for life. Two languages open every door along the way❞ ‒Frank Smith
❝The limits of my language are the limits of my world ❞‒Ludwig Wittgenstein

Nah, belajar bahasa asing susah-susah gampang kok. Yang paling dibutuhkan adalah ketekunan dan semangat yang tinggi untuk belajar. Kita bisa belajar bahasa asing dimana saja. Sekolah, kuliah, kursus? silahkan dipilih sesuai minat dan kemampuan. Tapi sayangnya,  pendidikan, kursus dan hal semacamnya tidaklah ramah dikantong kita. Tapi nggak perlu khawatir, kita bisa belajar bahasa asing secara ONLINE. Sekarang ini banyak situs di internet yang menyediakan tempat belajar bahasa asing yang praktis dan tentu saja gratis. Bahkan kita bisa belajar bahasa asing langsung dari hp kita.

Buat pengguna smartphone nih, kita bisa mengunduh aplikasi belajar bahasa asing dari market atau store smartphone. Di playstore sendiri (untuk pengguna android), kita bisa menemukan berbagai macam aplikasi pilihan. Diantaranya ada Busuu, Duolinggo, Memrise, Belajar Bahasa Jerman, Learn Japanese, Learn Chinese,  Learn Language, Live Mocha dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan mengenalkan dua diantaranya yakni aplikasi Duolinggo dan Memrise. 

Kedua aplikasi ini sangat membantu kita untuk belajar bahasa asing. Tampilan masing-masing aplikasi ini juga sangat menarik. Kita akan mendapatkan pilihan bahasa yang ingin pelajari. Melalui aplikasi-aplikasi ini, kita lebih ditekankan untuk belajar dan mengingat banyak kosakata, jadi jangan berharap kita akan diajarkan grammar atau struktur suatu kalimat (untuk mengatasinya, kita bisa mempelajarinya di situs atau blog belajar bahasa lainnya). Untuk aplikasi Duo linggo sendiri lebih menuntut kita untuk mentranslate, jadi setelah mendapat perbendaharaan kata kita akan di uji dengan mentranslate kalimat-kalimat. Aplikasi-aplikasi ini juga didukung gambar-gambar yang dapat membantu kita menebak dan mengetahui terjemahan dari kata atau benda yang asing ditelinga kita. Baik Duolinggo dan memrise, memiliki fitur latihan berbicara dan mendengar. Jadi tidak hanya menghapal, kita juga langsung dapat mempraktekkan apa yang sudah kita pelajari dari aplikasi ini.  Setiap progress belajar kita akan direkap  dan diperlihatkan hasilnya, bahkan untuk Memrise sendiri kita bisa bersaing dengan teman-teman sesama pengguna aplikasi untuk meraih rangking dan skor tertinggi (pastikan kita menambahkan teman belajar terlebih dahulu). Kita pun juga dapat mengatur ritme dan waktu belajar kita. Dengan mengatur alarm dan lama waktu belajar (5-15 menit setiap harinya) kita akan terhindar dari rasa malas dan bosan saat belajar.

Untuk mempelajari bahasa yang memiliki bentuk hurufnya sendiri seperti huruf jepang, korea, cina, thailand dan lainnya memang butuh usaha ekstra untuk memahami nya. Kita dapat mengunduh aplikasi  yang dikhususkan untuk mengenal dan belajar menulis huruf -huruf tersebut (Learn japanese, Learn Chinese dll).

Selamat belajar, Ganbatte!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Saruwatari Tsubaki Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting